Leunca hayam obat serbaguna


Leunca hayam bagian daripada keluarga dari leunca,leunca hayam ini berhasiat serba guna untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit diantaranya:
Demam,Tipes,mag,radang tenggorokan,usus buntu,paru-paru dll
nenek moyang kita telah menggunakan leunca hayam ini beratus tahun yang lalu,karena itu nama leunca hayam ini masih lekat pada pembendaharaan obat-obat tradisional terutama dikalangan masyarakat yang tinggal didaerah pedesaan.
Sebagian kecil masyarakat menyebutnya dengan nama leunca manuk,padahal hal itu tidak benar.

leunca hayam dan leunca manuk itu memiliki perbedaan yang sangat mencolok,walaupun ukuran buah dari kedua leunca ini hampir sama tetapi prebedaannya dapat kita ketahui dari bentuk daun,warna batang,warna bunga dan warna buah ketika sudah matang.

Kalau leunca hayam buahnya setelah matang berwarna ungu lazimnya leunca biasa (Leunca besar) sedangkan buah leunca mauk ketika sudah matang berwarna kekuning-kuningan.Ciri itulah yang membedakan keduanya.
Pemanfaatan leunca hayam sebagai obat serbaguna dengan cara bisa dibikin lalaban segar dari daunnya,dijus sebagai minuman segar atau dijadikan teh.
pemanfaatan leunca hayam ini tidak hanya terbatas kepada pemanfaatan daunnya saja tetapi dapat menggunakan semua unsur dari tanaman leunca hayam ini seperti: Daun,Batang,Buah dan Akar.

0 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.